Text Widget

SELAMAT DATANG DI WEBSITE LAPAS KELAS IIA PALANGKA RAYA (LAPALKA)
 

Jumat, 23 September 2022

Lapas Palangka Raya Dukung Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi

0 Comments


Palangka Raya – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya, Chandran Lestyono, menghadiri serta mendukung program pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palangka Raya.

Regsosek merupakan bagian reformasi sistem perlindungan sosial yang telah dirancang Bappenas sejak 2020 dan salah satu upaya untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim.

Nantinya data Regsosek yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang beragam mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaaan disabilitas, kepemilikan aset hingga informasi geospasial diharapkan mampu menjawab tantangan besar dalam program perlindungan sosial.

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, dalam sambutannya menyampaikan, “untuk menghadapi situasi sebagai dampak yang muncul dari pandemi Covid-19, dalam rencana kerja pemerintah tahun 2021 dan 2022 dicetuskan tiga reformasi struktural,yaitu reformasi sistem kesehatan, reformasi sistem kebencanaan, dan reformasi sistem perlindungansosial yang menyeluruh bagi penduduk," jelasnya.

Data Regsosek yang diperoleh melalui pendataan tahun ini merupakan basis data awal yang kedepannya akan dimutakhirkan secara berkala dan perlu dipahami bahwa kegiatan ini juga merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan satu data Indonesia yang bisa dibagi pakaikan antar lembaga.

“Data ini kedepannya saya harapkan dapat terhubung dengan basis data di masing-masing instansi, seperti halnya Data Kependudukan dan CatatanSipil (Dukcapil), Data Terpadu KesejahteraanSosial (DTKS), Data Pokok Pendidikan (Dapodik), dan Pendataan Keluarga (PK). Kedepan Regsosek harus terhubung dengan data ketenagakerjaan, dunia usaha secara keseluruhan termasuk UMKM”, harap Fairid.

Lanjutnya, dengan adanya dukungan dan bantuan dari aparat keamanan, sehingga seluruh tahapan pendataan dilapangan yang melibatkan 468 orang petugas dapat berjalan dengan lancar dan aman.

#KemenkumhamRI
#KumhamPasti
#kemenkumhamkalteng
#kanwilkemenkumhamkalteng
#hendraekaputra
#lapaspalangkaraya
@kemenkumhamri
@ditjenpas
@kumham_kalteng
@divisipemasyarakatankalteng
@azizahrahmanawati
@dsoekowati
@nchand2469
@diary_kemenkumham




0 Comments:

Posting Komentar

YOUTUBE LAPAS PALANGKA RAYA