Text Widget

SELAMAT DATANG DI WEBSITE LAPAS KELAS IIA PALANGKA RAYA (LAPALKA)
 

Sabtu, 10 September 2022

Napiter Lapas Palangka Raya Ikuti Kegiatan Deradikalisasi oleh Ditjenpas dan BNPT

0 Comments


Palangka Raya - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya mendapatkan kunjungan kerja dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Kamis (8/9).

Kunjungan ini merupakan kegiatan Deradikalisasi di Wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Sumatera Utara, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Tengah dalam rangka penyelenggaraan program pembinaan bagi Narapidana Terorisme.

Deradikalisasi adalah segala upaya untuk menetralisir paham-paham radikal melalui pendekatan interdisipliner, seperti hukum, psikologi, agama, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan dan sosial-budaya bagi mereka yang dipengaruhi atau terekspose paham radikal dan/atau prokekerasan. Deradikalisasi yang dilakukan di dalam lapas diantaranya adalah identifikasi, rehabilitasi, reedukasi, dan reintegrasi sosial.

Bertempat di Ruang PKBM Lapas Palangka Raya, para narapidana terorisme (napiter) dengan didampingi Kepala Subbidang Keamanan, Galih P. Masadik, Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik, Tigor Immanuel Hutabalian, serta Wali napiter, Yon Putaji dan Wayan Purna, mengikuti kegiatan pembinaan keagamaan dengan narasumber Abu Bakar dari Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.

Sebelumnya, pihak dari Ditjenpas, Maya Ratna Sari Tamher, bersama pihak dari BNPT, Rikki Rosadi dan Cornela Yosida Heatubun, melakukan tahapan identifikasi lanjutan dengan cara berbincang langsung kepada para napiter secara bergantian.

"Alhamdulillah 2 (dua) hari ini kita sudah melaksanakan kegiatan program deradikalisasi dari BNPT dalam program identifikasi, dalam hal ini identifikasi lanjutan untuk menentukan atau merekomendasi kedepannya akan kita gunakan untuk pembinaan. Jadi, untuk pembinaan di dalam lapas sendiri itu ada tahapannya antara lain rehabilitasi, reedukasi, dan reintegrasi sosial. Mudah-mudahan program ini berkelanjutan, setelah ini kita akan buat rekomendasi untuk pembinaan di Lapas Palangka Raya," tutur Rikki.

Selanjutnya, Tigor menyampaikan rasa terima kasihnya serta berharap melalui kegiatan ini Lapas Palangka Raya dapat memberikan pembinaan sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing napiter. "Kami dari pihak Lapas Palangka Raya sangat berterima kasih atas kunjungan bapak dan ibu selama 2 (dua) hari disini. Semoga dengan kegiatan ini, kami dapat memberikan pembinaan secara maksimal kepada para napiter sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing," tutup Tigor.

#KemenkumhamRI
#KumhamPasti
#kumhamkalteng
#hendraekaputra
#lapaspalangkaraya
@kemenkumhamri
@ditjenpas
@kumham_kalteng
@divisipemasyarakatankalteng
@azizahrahmanawati
@dsoekowati
@nchand2469
@diary_kemenkumham





0 Comments:

Posting Komentar

YOUTUBE LAPAS PALANGKA RAYA